Home » Others » 3 Dampak Buruk Jika Pembayaran Tagihan via PPOB tidak Real Time

3 Dampak Buruk Jika Pembayaran Tagihan via PPOB tidak Real Time

3 Dampak Buruk Jika Pembayaran Tagihan via PPOB tidak Real TimeSemua orang suka dengan apa pun yang serba tepat waktu. Istilah ini sering dinamakan dengan on time atau real time (sering digunakan dalam peristilahan PPOB). Namun kenyataannya tidak semua agen PPOB yang memenuhi kriteria ini. Padahal dampaknya bisa sangat besar. Kalau tidak hati-hati memilih penyedia loket PPOB bisa gawat.

  1. Terjadi Double Payment

Bukan hanya masalah jaringan internet yang bisa bikin transaksi delay. Ada pula faktor lain, misalnya dari server, ketahanan hosting-an dan jaringan saat padat transaksi, dan lain sebagainya. Akibatnya ketika terjadi kemacetan atau pemberhentian sementara, mengakibatkan transaksi yang seharusnya masuk bisa jadi tertunda.

Lebih parahnya lagi tidak dianggap oleh sistem sebagai sebuah transaksi. Ketika usaha PPOB Anda sudah besar, pastinya kesalahan kecil bisa menjadi kesalahan besar yang beruntun. Lagi melayani transaksi lain, tiba-tiba transaksi lainnya lagi masuk. Kemampuan manusia sangat terbatas ketika menghadapi beragam hal dalam 1 waktu.

  1. Rugi 100%

Dampak double payment tidak berhenti begitu saja. Kalau benar sistem sampai tidak menganggap transaksi yang baru saja terjadi, maka risiko ditanggung Anda. Keuntungan PPOB yang kecil ditambah lagi terjadi double payment, apa yang harus Anda lakukan? Pada saat yang sama Anda tentu tidak bisa menyalahkan pelanggan.

Posisi pelanggan pada saat itu berada di titik yang dibenarkan. Getah dari sistem yang kacau pun ditanggung Anda. Akhirnya Anda sendiri yang menanggung biaya kerugian yang sama dengan nilai transaksi. Niatnya mau untung malah buntung. Hal-hal seperti ini sering terjadi. Terutama pada agen PPOB pemula dan belum berpengalaman.

  1. Kredibilitas Anda Mulai Diragukan

Pegangan orang dalam setiap usaha pasti melibatkan kepercayaan yang tinggi. Entah itu dari pihak pelanggan maupun Anda sendiri. Terlebih lagi dalam bidang tagihan maupun jual-beli. Sekali Anda tidak bisa memuaskan pelanggan jangan salahkan keadaan kalau kredibilitas jasa layanan Anda turun.

Mentok-mentoknya mereka tidak mau pakai lagi layanan Anda. Rugi bandar, deh. Mana uang sudah banyak disetorkan saat pendaftaran. Pelanggannya sedikit pula. Belum lagi potongan administrasi bulanan. Hal-hal seperti ini tidak terjadi jika Anda memilih KUDO sebagai tempat berlabuh Anda untuk bisnis PPOB. Kenapa?

Kalau Anda bekerja sama dengan KUDO, maka Anda tidak perlu lagi pasang loket PPOB. Segala transaksi sudah ditanggung oleh pihak KUDO. Hanya dengan bermodalkan daftarkan diri di aplikasi yang tersedia langsung beres. Lebih santai. Tapi ini bersifat opsional, sih. Anda tentu bebas memilih mana provider yang disukai.

Pertimbangkan juga soal real time atau tidaknya saat tagihan pembayaran. Kebanyakan mengaku kalau Anda bergabung dengan mereka, maka transaksi yang masuk pasti real time. Belum tentu mereka benar semua. Telusuri rekam jejaknya dulu biar Anda tidak tertipu. Tanyakan dulu pada orang yang pernah menjadi agennya sebelum daftar.