Home » Property » 4 Masalah Umum Dan Solusinya Untuk Kamar Mandi Kecil Anda

4 Masalah Umum Dan Solusinya Untuk Kamar Mandi Kecil Anda

Kamar mandi terkadang menjadi ruangan yang tidak diprioritaskan si pemilik rumah pada saat pembangunan. Masalah seperti ini menimbulkan anggapan pemilik rumah bahwa ruangan kamar mandi tidak perlu dibuat terlalu besar. Namun, kembali lagi pada selera masing-masing orang. Mungkin saja, pemilik rumah memang menginginkan kamar mandi yang kecil namun setiap sudut ruangan menjadi fungsional. Dengan lahan yang terbatas, mungkin Anda menemukan masalah-masalah umum yang ditemukan pada kamar mandi kecil Anda. Karena kamar mandi yang kecil, Anda merasa bingung dimana Anda akan menaruh gantungan handuk Anda agar tidak terkena cipratan air saat Anda mandi. Jangan khawatir, masalah ini akan dapat terselesaikan dengan mudah. Anda bisa memutar otak Anda untuk menemukan teknik dan trik ruang penyimpanan yang sangat berguna. Berikut ini adalah masalah beserta solusi yang dapat Anda ikuti.

  1. Ruang jalan yang kecil

Kamar mandi utama atau pribadi Anda yang kecil pasti memiliki ruang jalan yang sempit pula karena penempatan toilet, shower atau bak mandi, dan wastafel.

Solusi: Usahakan jauhi perabot-perabot kamar mandi Anda sehingga kamar mandi akan terasa luas. Jika memilih wastafel, pilihlah wastafel terapung. Untuk toilet dan bak mandi, Anda bisa memilih ukuran yang lebih mungil.

  1. Tidak ada ruang terpisah untuk shower dan bathub

Pada ruangan kamar mandi yang sempit dan Anda membutuhkan shower dan bathub sekaligus akan terdengar mustahil untuk diwujudkan karena Anda tidak bisa memisahkan kedua perabotan karena terbatasnya ruangan.

Solusi: Jika Anda tidak bisa memilih akan menggunakan shower atau bathub karena Anda berpikir keduanya penting Anda bisa menempatkan shower tepat di atas bathub Anda. Pilihan ini merupakan langkah yang praktis sekaligus menambah nilai estetika. Lantai yang Anda pilih juga merupakan lantai basah, bukan lantai yang kering. Anda juga tidak perlu menambahkan partisi kaca bening diatntara toilet atau wastafel dengan bathu tersebut, sehingga ruangan tidak terlihat sempit.

  1. Kurangnya ruang penyimpanan

Agar kamar mandi lebih nyaman, pastilah Anda menginginkan kamar mandi yang rapih dan semua perlengkapan madni yang ada pada tempatnya. Botol-botol dan peralatan mandi yang diletakkan di sembarang tempat akan sangat menggangu pemandangan. Dengan ruang kamar mandi kecil, Anda akan tetap bisa mengatur permasalahan ini.

Solusi: Pintar-pintarlah memanfaatkan ruang yang ada untuk penyimpanan. Anda harus cerdik untuk memakai ruang kosong kamar mandi Anda yang tidak terpakai. Jangan lupakan dinding di belakang toilet Anda karena Anda bisa menggantungkan wadah-wadah keranjang dengan ataupun tanpa rak untuk menaruh sikat dan pasta gigi keluarga Anda. Selain menggantungkannya, ternyata Anda bisa menaruh tempat penyimpanan rahasia dibawah bathub Anda yang memiliki konsep sama seperti tempat tidur yang memiliki laci-laci di bawahnya. Disini, Anda bisa meletakkan keset toilet, alat pembersih toilet, bahkan mainan anak-anak Anda. Untuk membuat ruang penyimpanan seperti ini, Anda bisa melakukannya lewat penyedia jasa di Sejasa.

  1. Kamar mandi tanpa pencahayaan alami

Ini merupakan masalah yang kerap ditemukan oleh pemilik rumah. Ruang kamar mandi yang sempit dan tanpa pencahayaan yang baik tentu membuat Anda tidak nyaman.

Solusi: Pakailah lampu downlight LED. Pilihan lampu ini adalah solusi yang hemat energi serta keutamaan keamanannya untuk menerangi area yang basah. Selain itu, Anda bisa menempatkan lampu di sisi kanan dan kiri cermin di kamar mandi agar terlihat lebih cerah dan tidak suram.