Home » Lifestyle » 5 Pemeriksaan Antenatal Care yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil

5 Pemeriksaan Antenatal Care yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil

Pemeriksaan Antenatal Care yang Wajib Dilakukan Ibu HamilPromo ramadhan 2018 bukan hanya memanjakan mereka yang sedang mempersiapkan bulan puasa tapi juga mereka yang sedang mempersiapkan kelahiran bayinya. Terutama untuk melengkapi kebutuhan bayi yang belum dimiliki. Namun, Anda jangan lupa untuk rajin melakukan pemeriksaan rutin kehamilan. Termasukkan 5 pemeriksaan antenatal care seperti ini.

  1. Mengontrol Berat Badan Janin

Bagi mereka yang belum tahu, antenatal care adalah pemeriksaan khusus yang dilakukan ibu hamil dengan bantuan dokter atau medis untuk mengetahui perkembangan janinnya. Biasanya pemeriksaan khusus ini dilakukan dalam periode waktu tertentu untuk menghadapi persalinan, pasca persalinan hingga proses merawat bayi.

Pemeriksaan pertama sendiri yang wajib dilakukan adalah mengontrol berat badan si janin. Biasanya penghitungannya dimulai sejak ibu hamil trimester pertama hingga menjelang persalinan. Apabila berat badan si janin seimbang dengan berat badan si ibu maka hampir dipastikan bahwa kehamilan tersebut normal dan juga aman.

  1. Mengukur Tekanan Darah

Seperti yang diketahui, apapun yang terjadi pada sang ibu akan berpengaruh langsung pada si janin dalam rahim. Hal yang sama juga terjadi dengan tekanan darah ibu. Apabila sang ibu mengalami tekanan darah yang tidak normal maka ditakutkan si janin akan mengalami sebuah kondisi yang dinamakan preeklamasia.

Untuk mencegah hal tersebut maka disarankan bagi ibu hamil untuk rutin mengecek tekanan darahnya. Selain itu, ibu hamil juga dilarang dalam memakan berbagai makanan yang berisiko menaikan tekanan darah. Lebih baik Anda rajin mengonsumsi susu khusus ibu hamil. Apalagi promo ramadhan 2018 menjanjikan potongan harga menarik pada banyak produk.

  1. Melakukan Imunisasi

Ternyata imunisasi bukan hanya baik diberikan ketika bayi sudah lahir tapi juga disarankan ketika bayi belum lahir. Ini dilakukan bukan hanya untuk kepentingan si bayi tapi juga untuk kepentingan si ibu. Terutama untuk meningkatkan daya tahan ibu hamil yang rentan terhadap berbagai penyakit. Dengan daya tahan yang kuat maka risiko penyakit bayi juga bisa dihindari.

  1. Pencegahan Anemia

Anemia atau kekurangan darah adalah momok penyakit yang tidak bisa dipandang sebelah mata bagi setiap ibu. Kemungkinan terburuk dari terjadinya anemia pada ibu hamil adalah keguguran hingga kehilangan nyawa ketika melahirkan. Untuk itulah, pemeriksaan untuk mencegah anemia ini sangat penting dilakukan oleh setiap ibu hamil guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

  1. Tes Penyakit Menular

Ibu hamil bukan hanya berbagi nutrisi dengan janin di dalam perutnya tapi juga bisa berbagi penyakit. Guna mencegah hal ini maka tes penyakit menular wajib dilakukan oleh ibu hamil. Terutama penyakit berbahaya seperti HIV, sipilis hingga torch.

Jadi apakah Anda sudah melakukan berbagai pemeriksaan tersebut? Jika sudah, Anda sudah bisa tenang untuk memenuhi berbagai perlengkapan bayi. Tidak usah ragu dengan masalah harga, promo ramadhan 2018 menjanjikan banyak potongan harga pada berbagai produk terbaik.