Home » Lifestyle » Lebih Nyaman Mana, Pakai Sepatu atau Sandal Gunung saat Mendaki?

Lebih Nyaman Mana, Pakai Sepatu atau Sandal Gunung saat Mendaki?

Pakai Sepatu atau Sandal Gunung saat MendakiMendaki adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Terlebih, bila aktivitas tersebut dilakukan beramai-ramai bersama teman. Namun, sebaiknya Anda tetap memperhatikan keselamatan dan kenyamanan, ya! Salah satunya dengan menggunakan sandal gunung atau sepatu saat mendaki. Tapi, di antara dua alas kaki ini, mana yang lebih nyaman digunakan?

Mendaki dengan Sandal

Sekarang ini mendaki menggunakan sandal tampaknya sedang tren apalagi untuk kaum muda yang baru pertama kali mendaki. Sebenarnya, tak ada salahnya mendaki menggunakan sandal. Ada banyak pula kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah kenyamanan saat berada di tempat menginap.

Dengan mendaki menggunakan sandal, Anda tak perlu repot saat harus lepas pasang sandal. Sebab, sandal ini sangat mudah untuk dilepas pasang. Apalagi, sandal untuk mendaki biasanya memiliki bobot yang ringan daripada sepatu sehingga tak membebani Anda saat mendaki. Bobot ringan ini akan tetap bertahan meskipun Anda melalui medan jenis apapun.

Baik itu medan basah, berlumpur, sungat, ataupun lainnya berat dari sandal untuk mendaki ini tidak akan bertambah. Lagipula, bila terkena air atau basahan lain sandal untuk mendaki juga jauh lebih cepat kering. Hal ini jelas sangat memudahkan dan membuat Anda nyaman, kan?

Namun, sandal ini juga punya kekurangan. Salah satunya adalah tidak bisa meng-cover kaki Anda dengan baik. Anda harus menggunakan kaos kaki lagi untuk menghindari lecet atau luka karena terbentuk batu atau tanaman liar saat mendaki.

Mendaki Menggunakan Sepatu

Setelah tadi membahas mengenai nyamannya mendaki menggunakan sandal, sekarang giliran sepatu gunung. Bila dibandingkan, sebenarnya mendaki menggunakan sepatu tidak begitu efisien. Anda akan ribet bila harus keluar masuk tenda sebab sepatu akan membutuhkan waktu lama untuk memasang dan melepasnya.

Bobot dari sepatu juga jauh lebih berat ketimbang sandal. Lagipula, bila terkena medan basah seperti lumpur, sungai dan perairan lain, sepatu ini akan sangat mengganggu pergerakan Anda. Untuk mengeringkannya pun sulit. Tak cukup waktu satu hari untuk menjemurnya. Selain itu, harga dari sepatu mendaki ini juga jauh lebih mahal ketimbang sandal.

Namun, meski tidak terlalu nyaman, menggunakan sepatu untuk mendaki jauh lebih safety dibanding sandal. Sebab, sepatu bisa melindungi keseluruhan kaki Anda dari tergores semak berduri, batu terjal dan binatang kecil seperti lintah atau pacet. Sepatu juga akan memberikan rasa hangat pada kaki Anda sehingga akan menghindarkannya dari kram otot.

Jadi, menurut Anda lebih nyaman mana? Memakai sandal atau sepatu gunung? Jika Anda memperhatikan kenyamanan, sandal adalah pilihan yang tepat. Tapi, bila ingin aman, meskipun tidak terlalu nyaman mendaki menggunakan sepatu jauh lebih tepat. Anda mencari alas kaki untuk mendaki? Pilih saja Eiger Adventure yang banyak pilihannya.