Home » Property » Warna Apa Yang Cocok Untuk Rumah Barumu?

Warna Apa Yang Cocok Untuk Rumah Barumu?

Warna Apa Yang Cocok Untuk Rumah BarumuBagi sebagian orang, memilih warna cat rumah terkadang membingungkan. Terutama buat mereka yang baru memiliki rumah dari agen jual rumah Bandung. Mau coba warna ini, takut salah. Mau pakai warna itu, kayanya nggak cocok. Menentukan warna cat rumah yang mau kamu pakai sebenarnya gampang. Tergantung dari suasana yang kamu mau ciptakan dari warna cat rumah tersebut serta karakter kepribadianmu sendiri. Unsur estetika pun tidak ketinggalan dalam memilih warna cat rumah.

Manfaatkan Roda Warna

Gunakanlah roda warna untuk memudahkanmu menentukan warna cat rumah. Roda warna merupakan referensi terbaik apabila kamu mau mengombinasikan dua atau lebih warna. Kamu mungkin akan terkejut melihat betapa banyak skema warna cat rumah yang bisa dicoba. Nah, kamu bisa memanfaatkan roda warna untuk bermain. Contohnya menggabungkan warna cat rumah merah dan hijau. Meski saling berlawanan, tetapi kedua warna tersebut bisa saling melengkapi dan membentuk kombinasi yang indah. Bahkan mampu membuat ruangan terlihat lebih menarik dengan sedikit formalitas.

Tak hanya itu, roda warna juga berfungsi untuk menggambarkan efek visual yang dihasilkan dari warna cat rumah. Gradasi warna terang—seperti merah dan kuning misalya, akan memberikan kesan hangat sehingga ruangan menjadi lebih hidup. Sedangkan gradasi warna merah ke warna ungu justru menciptakan kesan dingin yang membuat ruangan terasa lapang.

Efek Halus nan Menenangkan

Untuk memunculkan kesan menenangkan, kamu dapat menggunakan pendekatan monokromatik pada warna cat rumah. Warna-warna lembut seperti light grey, putih, atau peach bisa diaplikasikan pada kamar tidur atau ruang keluarga. Lelah seharian bekerja dapat sedikit teratasi dengan efek dari warna-warna lembut. Di sisi lain, warna cat rumah lavender, merah muda, atau light yellow adalah pilihan terbaik untuk membangun nuansa romantis, terutama untuk kamar tidurmu. Ditambah dengan kombinasi dari hiasan dinding atau karpet, nuansa romantis akan lebih terasa. Selain itu, menggunakan warna kuning muda atau putih dengan aksen cokelat dari furniture kayu bisa memberikan nuansa tenang dan modern pada dapur, terutama dapur minimalis

Tampilan yang Elegan

Warna cat rumah yang netral menawarkan tampilan yang anggun nan elegan di dalam ruangan. Warna cat rumah netral tidak hanya putih atau krem. Kamu dapat memilih warna almond dengan tambahan warna merah kecoklatan (red brown tones). Jangan lupa menambahkan beberapa dekor ruangan dengan warna berbeda untuk memberikan aksen. Keuntungan lain warna cat rumah netral adalah ruangan tampak lebih luas. Selain itu, fleksibilitasnya juga tinggi. Kamu dapat dengan mudah mengubah suasana dan tampilan ruangan tanpa perlu mengecat ulang. Cukup mengganti sejumlah aksesoris pemanis, seperti karpet atau tirai dan gorden.

Ruangan Terkesan Hidup

Agar ruangan lebih terasa enerjik dan hidup, kamu bisa memilih warna cat rumah yang cerah. Kolaborasi warna cat rumah emas dan jingga atau merah dan ungu gelap merupakan perpaduan yang menarik. Lengkapi warna-warna tersebut dengan warna yang berlawanan, sesuai roda warna. Contohnya, warna emas dan jingga yang komplementer (berlawanan) dengan warna ungu. Kontras pada warna cat rumah kadang diperlukan untuk membentuk titik fokus yang indah. Sorotlah setiap aspek yang menarik dari rumahmu dengan warna komplementer dari warna cat rumah milikmu!

Perhatikan Pencahayaan

Toko cat biasanya menyediakan kotak cahaya (light box) untuk menguji tingkat pencahayaan dari cat tersebut. Warna cat rumah yang memancarkan cahaya seperti pada siang hari merupakan warna netral. Warna cat rumah yang sinarnya berpijar terang akan memberi efek hangat dan santai. Sedangkan warna cat rumah yang sinarnya tajam bak lampu neon umumnya mengeluarkan kesan dominan. Jadi, kalau warna cat rumah yang kamu pilih ternyata terlalu terang atau kuat, lebih baik dimanfaatkan sebagai aksen pada dinding saja. Warnanya tidak akan efektif apabila kamu gunakan pada dinding yang berada di dekat jendela besar.

Mulai Dari Ruangan Kecil

Aturan sederhana yang tidak boleh kamu abaikan: uji coba warna cat rumah pilihanmu sebelum benar-benar membelinya. Jangan lewatkan langkah ini. Kalau salah memilih warna cat rumah, lalu menyesal, berarti kamu perlu merogoh kocek lebih banyak lagi untuk menggantinya. Mulailah bermain warna pada ruangan-ruangan berukuran kecil. Seperti kamar mandi, sekat antar kamar, atau aksen pada dinding. Pilihlah lokasi yang tidak butuh waktu lama untuk dicat sehingga kamu dapat lebih cepat melihat hasilnya. Kalau tidak suka, tinggal ubah. Lihatlah proses ini sebagai sebuah petualangan yang menarik.

Begitulah beberapa tips memilih warna cat rumah untuk rumah barumu yang kamu dapatkan dari agen jual rumah Bandung. Jangan pernah takut untuk mencoba. Apa pun hasilnya, rumah tetap terlihat cantik asalkan kamu yang mengkreasikannya sendiri. Setelah membaca artikel di atas, apa kamu jadi tahu warna cat rumah minimalis apa yang akan kamu pakai?