Home » Others » 2 Jenis IP VPN dan Keunggulan Layanannya

2 Jenis IP VPN dan Keunggulan Layanannya

Jenis IP VPN dan Keunggulan Layanannya

IP VPN adalah layanan komunikasi ataupun pertukaran data berbasis IP (Internet Protocol) sebagai jaringan pribadi yang terpisah dari internet. Jaringan ini dirancang memberikan keamanan data ketika melakukan akses. Dalam perkembangannya, terdapat dua jenis layanan VPN berbasis IP dengan keunggulannya masing-masing.

  1. IP VPN Dedicated

Jaringan pertama yang akan diulas adalah VPN berbasis IP tipe dedicated. Pernahkah Anda mendengar istilah dedicated sebelumnya? Dedicated adalah sistem jaringan pada konektivitas yang tetap stabil meskipun diakses oleh banyak orang. Jadi, Anda bisa mengakses data dengan kecepatan sesuai paket internet yang digunakan meski sedang crowded.

Layanan komunikasi data berbasis IP dan bersifat pribadi karena merupakan jaringan VPN ini sangat memudahkan dan menguntungkan akses data. Mode transmisi asimetris diterapkan dalam sistem ini. Itu berarti bahwa sistem downstream (bandwidth ke arah remote) lebih besar dibandingkan upstream (bandwidth meninggalkan remote).

Dalam sistem kerjanya, remote berfungsi sebagai client dan kantor pusat sebagai server. Anda bisa menerapkan jaringan ini untuk area LAN (Local Area Network). Untuk jaringan gabungan VPN berbasis IP, Anda bisa mengembangkan dengan jaringan multiservice VPN. tentunya dengan sistem pengamanan yang lebih ketat.

Metode koneksi ini sangat memfasilitasi kebutuhan komunikasi dan pertukaran data. Jaringan IP VPN dedicated ini tersedia dalam 24 jam penuh, sehingga Anda bisa full dalam mengakses data kapan pun itu. Kecepatan koneksinya terbagi dalam 5 macam, mulai dari 32kbps (upstream)/ 64kbps (downstream) sampai 512kbps (upstream)/ 1024 (downstream).

Keunggulan yang dimiliki jaringan ini adalah mampu mengefektifkan biaya, mengefisiensi peragkat, mengefisiensi bandwidth, mudah diintegrasikan dengan frame relay di kantor pusat, serta aman karena didukung dengan jaringan VPN berteknologi MPLS (Multi Protocol Label Switching). MPLS adalah teknologi untuk menggabungkan beberapa VPN IP.

  1. IP VPN Dial

Meskipun sama-sama merupakan layanan komunikasi dan transmisi data berbasis internet protocol, IP VPN Dial berbeda dengan IP VPN Dedicated. Perbedaan tersebut terletak pada sistem kerjanya. Jenis jaringan yang sama belum tentu sistem kerjanya sama.

Dalam hal ini, VPN IP bersistem dial ini mengakses suatu saluran telepon khusus yang hanya dapat digunakan oleh pelanggan sesuai kebutuhan masing-masing. Akses ini terbukti lebih aman dari pertukaran data lewat jaringan internet. Akses dari pihak luar yang tidak bertangung jawab bisa dicegah dengan baik dan tidak merugikan orang lain.

VPN berbasis IP dengan sistem dial ini bisa diterapkan di kantor atau tempat kerja Anda. Layanan aplikasi ini juga bisa diaktifkan kurang dari 4 jam setiap harinya. Keterbatasan ini bisa dilakukan secara efektif karena hanya diakses dalam lingkup yang lebih kecil. Lalu lintas datanya akan lebih cepat.

Tak hanya itu, terdapat beragam kelebihan lainnya dari sistem ini, di antaranya adalah efisiensi biaya (apabila transaksi kurang dari 4 jam), efisiensiperangkat, aman karena menggunakan MPLS teknologi untuk jaringan gabungan, mudah diintegrasikan dengan frame relay, dan otentifikasi VPN IP bersistem dial.

Otentifikasi tersebut juga hanya dilakukan di kantor pusat sebagai bentuk pemeriksaan data apakah sumbernya aman dan harus dipastikan apakah benar-benar berasal dari sumber pribadi atau bukan. Proses otentifikasi ini merupakan salah satu bentuk keamanan dari sistem kerja dial pada VPN IP.

Berbagai info lengkap tentang jaringan IP VPN tersebut dapat memberikan pemahaman lebih lanjut seputar cara kerja dan kelebihannya dalam akses data. Keamanannya lebih terjamin karena tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusup untuk ikut mengakses ataupun menyalahgunakan data. Dengan keamanan teknologi VPN berbasis IP, data akan tetap aman.