Home » Kesehatan » 5 Perlengkapan Bayi yang Wajib Dimiliki Oleh Mamah Muda

5 Perlengkapan Bayi yang Wajib Dimiliki Oleh Mamah Muda

Perlengkapan Bayi yang Wajib Dimiliki Oleh Mamah Muda

Beauty blogger who loves to share about makeup, cosplay, DIY and random stuff.

Ada yang sedang menantikan kelahiran dan buah hati? Jika kamu sedang menantikan kelahirannya pasti tahu dong betapa ribetnya mempersiapkan segala perlengkapan sebelum si buah hati lahir ke dunia ini.

Banyak orang tua yang merasa kebingungan dalam menentukan apa saja perlengkapan yang harus mereka beli. Apalagi sekarang ini banyak sekali perlengkapan bayi yang lucu membuat setiap calon ibu yang melihatnya, pengin langsung masukin ke keranjang belanjaan. Dan tak jarang kita malah membeli hal yang tak penting karena tertarik pada bentuknya yang imut.

Agar tak salah pilih berikut ini adalah 5 daftar perlengkapan bayi baru lahir yang paling penting dan harus dibeli sebelum si bayi lahir. Kira-kira apa saja ya? Yuk catat dan buat list-nya jangan sampai ada yang terlewat

  1. Baju bayi yang beragam

Baju adalah hal terpenting yang harus ibu siapkan untuk si bayi. Dan tentu saja sangat penting untuk memilih baju dengan bahan yang pasti nyaman untuk bayi karena kulit bayi yang sangat sensitif. Pilihlah baju yang terbuat dari katun jenis cotton combed yaitu jenis katun yang memiliki serat halus sehingga lebih terasa nyaman saat dikenakan dan mudah menyerap keringat dengan baik.

Selain itu ibu juga harus menyiapkan beberapa variasi baju bayi diantaranya:

  • Kaos singlet
  • Baju lengan pendek
  • Baju lengan panjang
  • Celana panjang
  • Celana pendek

Variasi pakaian ini diperlukan agar bayi dapat menggunakan pakaian sesuai dengan kondisi cuaca, apakah sedang panas atau dingin.

  1. Kaos tangan dan kaki

Kaos tangan dan juga kaos kaki termasuk dalam perlengkapan penting yang harus dimiliki bayi. Selain menjaga tubuh bayi tetap hangat, kaos tangan juga berfungsi untuk melindungi bayi agar tak melukai dirinya sendiri. Hal ini karena secara tak sadar, bayi cenderung menggaruk wajahnya dengan tangan sehingga kulit wajahnya tergores kuku.

Meski imut, untuk kaos tangan pastikan pilih yang tidak terlalu banyak pernak-pernik atau hiasan. Karena kaos tangan dengan banyak hiasan bukan melindungi namun malah memperbesar kemungkinan kulit bayi tergores. Selain itu pastikan membeli kaos tangan dan kaki dengan bahan yang nyaman untuk bayi.

  1. Kain bedong

Kain bedong berfungsi untuk menjaga suhu bayi agar tetap hangat. Nah yang perlu di perhatikan adalah jangan menggunakan kain bedong pada bayi saat cuaca sedang panas. Selain itu pastikan untuk tidak mengikatnya terlalu ketat dan kuat pada tubuh bayi, karena hal ini dapat menyebabkan masalah yang cukup serius untuk pertumbuhan bayi.

Di antaranya adalah mengganggu pembentukan struktur tulang dan merusak tulang rawan pada bayi. Jadi meski menggunakan bedong, pastikan memberikan ruang agar bayi dapat bergerak dengan nyaman.

  1. Popok bayi

Perlengkapan yang satu ini juga merupakan yang terpenting untuk disediakan saat akan memiliki bayi. Ada banyak sekali jenis popok, mulai dari popok kain, popok sekali pakai, cloth diaper, dan yang lainnya.

Namun yang paling menjadi rekomendasi adalah popok kain yang berbahan katun. Hal ini karena kulit bayi yang sangat sensitif, jika salah dalam memilih popok maka kulit bayi akan gampang iritasi serta akan muncul ruam pada kulit bayi.

  1. Tempat tidur bayi

Tempat tidur atau kasur bayi juga hal penting yang harus disiapkan. Tips untuk memilih tempat tidur bayi yang baik adalah kasur tersebut tidak berubah bentuk saat ditiduri. Selain itu pastikan juga kasur tersebut tidak mengandung bahan yang dapat memicu alergi.

Dan yang menjadi rekomendasi adalah pilihlah kasur yang anti air sehingga ketika bayi mengompol, air seninya tidak langsung menyerap ke kasur. Dan kita dapat membersihkannya dengan cara mengelapnya saja. Namun jika dirasa terlalu mahal maka dapat kita akali dengan melapisi kasur dengan perlak.

Nah! Itulah daftar 5 perlengkapan bayi yang wajib dimiliki di rumah. Jangan sampai ada yang terlewatkan ya mom!