Home » Kesehatan » 6 Cara Mengatasi Pori-Pori Payudara Tersumbat selama Menyusui

6 Cara Mengatasi Pori-Pori Payudara Tersumbat selama Menyusui

Cara Mengatasi Pori-Pori Payudara Tersumbat selama Menyusui

Kemungkinan, saat puting susu sakit apakah tanda hamil? Bila penyebabnya karena pori-pori tersumbat oleh susu, maka berarti bukan. Lebih tepatnya kejadian ini terjadi pada proses menyusui si kecil. Tapi jangan khawatir. Masalah ini bisa Anda atasi dengan kiat-kiat sebagaimana berikut. Tujuannya agar ASI kembali lancar dan si bayi pun dapat asupan gizi.

  1. Kompres Menggunakan Air Hangat

Saat pori-pori tersumbat oleh gumpalan susu, maka timbul rasa nyeri. Selain itu, muncul pula lepuhan susu berwarna putih. Untuk mengatasi hal ini, maka perlu sekali dikompres dengan air hangat. Tapi jangan sampai melewati batas hangat, ya. Cara mengetesnya, bisa dengan lidah sendiri untuk mendeteksi tingkat panasnya. Lakukan cara ini sebelum menyusui.

  1. Kompres Air Dingin Usai Menyusui

Upaya mengompres sebelum menyusui dilakukan dengan tujuan agar gumpalan susu yang menyumbat bisa ikut mengalir. Sedangkan cara ini dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan usai menyusui si kecil. Tapi jangan terlalu dingin karena bisa bikin area puting tidak nyaman. Dinginnya yang wajar saja, asalkan bisa menghentikan rasa nyeri.

  1. Mandi Menggunakan Air Hangat

Berapa kali mandi selama proses pengobatan? Paling tidak dua kali sehari, yakni pagi dan sore. Ketika mandi dengan air hangat, usap bagian puting secara lembut. Tapi jangan pakai tangan, melainkan dengan handuk. Bisa pula dengan kain yang lembut. Sebab, jika pakai tangan, nanti timbul rasa nyeri yang tidak menyenangkan.

  1. Saat Menyusui, Arahkan Bayi ke Pori-Pori

Penting sekali untuk mengetahui puting susu sakit apakah tanda hamil atau bukan. Tujuannya biar tidak salah paham dan jika terjadi karena pori-pori tersumbat bisa langsung ditangani. Saat menyusui, arahkan si kecil ke bagian pori-pori. Memang terasa agak sakit. Namun cara ini cukup efektif untuk menghentikan penggumpalan pada susu di area puting.

  1. Posisikan Rahang Bagian Bawah Bayi ke Benjolan

Sebagaimana yang kita tahu. Lepuhan susu akibat tersumbatnya puting oleh gumpalan susu bisa menyebabkan bercak putih. Kadang berwarna kemerahan maupun kuning. Untuk mengatasinya, posisikan rahang bawah bayi ke dekat benjolan. Bila cara ini dilakukan secara kontinu, bisa cukup ampuh untuk mengatasi tersumbatnya puting susu akibat pori-pori.

  1. Meminum Obat Pereda Nyeri

Gunakan obat seperti ibuprofen maupun acetaminophen. Tapi harap jangan kasih ke si kecil. Cukup Anda saja yang meminumnya. Obat ini bisa sangat ampuh meredakan, bahkan mengatasi efek dari tersumbatnya puting akibat gumpalan susu. Tapi, lebih dahulu cek aturan minum sesuai yang ada di kemasan. Kalau masih ragu, konsultasikan ke dokter ahli dulu.

Untuk mengetahui puting susu sakit apakah tanda hamil atau bukan memang perlu pengamatan khusus. Sebab, timbulnya bercak putih tidak hanya karena tersumbatnya pori-pori oleh gumpalan susu. Bisa pula karena terinveksi virus dan lainnya. Bila Anda hendak membaca artikel seputar ibu hamil lainnya, bisa kunjungi Orami sewaktu-waktu.