Home » Kesehatan » Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Cara Menghilangkan Bekas Luka BakarLuka bakar dapat terjadi ketika kulit seseorang menyentuh sesuatu yang terlalu panas, tersiram air panas dengan air mendidih, terkena sinar matahari berlebihan, bahan kimia tertentu, atau bahkan listrik. Selama proses penyembuhan, bekas luka seringkali berupa. Bekas luka, yang merupakan daerah kulit yang tebal dan berubah warna, sering berkembang setelah kulit yang rusak menyebabkan sel mati. Tubuh menghasilkan protein yang disebut kolagen untuk memperbaiki kulit yang rusak, yang mengarah ke bekas luka.

Bekas luka bakar bisa besar atau kecil tergantung pada seberapa banyak kulit rusak. Tingkat keparahan luka bakar akan menentukan apakah bekas luka ini akan memudar atau tetap terlihat secara permanen. Kemungkinan dan tingkat keparahan terbakar tergantung pada berapa lama seseorang terkena panas dan juga intensitasnya dan mempengaruhi proses menghilangkan bekas luka bakar.

Luka bakar diklasifikasikan tergantung pada seberapa besar kulit yang dipengaruhinya :

  1. Luka bakar tingkat pertama merusak lapisan luar kulit (epidermis) dan menyebabkan kemerahan dan rasa sakit. Mereka biasanya sembuh dalam 6 hari tanpa melukai kulit.
  2. Luka bakar tingkat kedua memengaruhi epidermis dan lapisan di bawah kulit (dermis). Selain rasa sakit dan kemerahan, orang dengan luka bakar tingkat dua mungkin mengalami lepuh. Luka bakar ini bisa memakan waktu 2 hingga 3 minggu untuk sembuh.
  3. Luka bakar tingkat ketiga adalah yang paling parah. Mereka merusak dua lapisan teratas kulit tetapi juga dapat merusak tulang dan tendon dan dapat mempengaruhi ujung saraf. Orang dengan luka bakar tingkat tiga juga dapat melihat kulit mereka menjadi putih atau hitam. Jenis luka bakar ini bisa memakan waktu lama untuk sembuh dan kemungkinan akan menghasilkan bekas luka.

Setelah bekas luka telah terbentuk, seseorang dapat menghilangkan bekas luka bakar dengan :

  1. Menerapkan gel silikon.
  2. Melindungi area dari sinar matahari.

Berhati-hatilah terhadap produk penghilang bekas luka yang dijual bebas. Keefektifan produk semacam itu sering tidak teruji. Jika bekas luka bakar menyebabkan tekanan yang signifikan, seseorang dapat berkonsultasi dengan dokter tentang pilihan untuk mengurangi jaringan parut. Perawatan ini melibatkan bekerja dengan kolagen yang rusak.

Berikut rekomendasi opsi medis berikut untuk menghilangkan bekas luka bakar :

  • suntikan steroid, yang dapat meringankan rasa sakit dan mengurangi ukuran keloid dan bekas luka lainnya
  • perawatan laser, yang dapat mengurangi kemerahan, rasa sakit, dan kekerasan keloid dan bekas luka lainnya.
  • operasi untuk mengangkat jaringan parut, mengurangi ukuran bekas luka keloid dan meningkatkan pergerakan kulit

Sementara perawatan ini dapat membantu mengurangi bekas luka, mereka mungkin tidak menghilangkannya sepenuhnya, dan penyembuhan bisa memakan waktu. Hindari penggunaan krim yang mengandung vitamin A atau vitamin E pada bekas luka, karena ini dapat membuatnya lebih terlihat. Namun, penting untuk menjaga kulit tetap lembab. Perawatan luka bakar yang cepat dan tepat akan mengurangi risiko dan tingkat keparahan bekas luka. Seseorang biasanya dapat mengobati luka bakar tingkat pertama di rumah dengan merendam luka bakar dalam air dingin selama minimal 5 menit.

Orang yang mengalami luka bakar tingkat dua biasanya harus mengunjungi seorang profesional medis. Namun, orang dapat mengobati luka bakar kecil di rumah dengan cara berikut :

  • Salep antibiotik. Menerapkan lapisan tipis salep antibiotik ke daerah yang terkena mempromosikan penyembuhan dan mengurangi risiko infeksi.
  • Perban kasa. Menutupi luka bakar dengan kasa steril, antilengket melindungi kulit dan mengurangi kemungkinan infeksi.

Luka bakar tingkat ketiga sangat serius dan memerlukan perhatian medis segera. Perawatan untuk luka bakar tingkat ketiga meliputi :

  • Pakaian kompresi adalah pakaian ketat yang mendukung area yang terkena dampak. Tekanan ini akan memungkinkan kulit pulih. Seseorang mungkin harus mengenakan pakaian kompresi sepanjang hari selama beberapa bulan untuk memberikan waktu membakar untuk sembuh.
  • Cangkok kulit. Cangkok kulit melibatkan ahli bedah yang mengambil kulit sehat dari area lain tubuh, atau dari donor, dan menggunakannya untuk menutupi area kulit yang terbakar.
  • Jika luka bakar menyebabkan bagian-bagian kulit saling menempel (disebut kontraktur), seseorang mungkin memerlukan pembedahan untuk melepaskannya dan memungkinkan gerakan.
  • Terapi fisik untuk mendorong gerakan di area tubuh yang terkena kontraktur juga dapat membantu.

Menerapkan gel lidah buaya, makan makanan yang kaya akan makanan antioksidan, minum banyak air, dan mengonsumsi suplemen tertentu dapat meningkatkan proses penyembuhan seseorang. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai apa pun pada luka bakar parah dan mengambil suplemen baru karena dapat mengganggu perawatan lainnya.