Home » Kesehatan » Pentingnya Menghindari Hal-hal Berikut Setelah Operasi

Pentingnya Menghindari Hal-hal Berikut Setelah Operasi

Pentingnya Menghindari Hal-hal Berikut Setelah OperasiBukan hanya proses operasi yang sangat penting, proses pemulihan pasca operasi juga tidak kalah pentingnya. Dalam proses pemulihan tersebutlah tubuh kita akan beradaptasi dan terbiasa dengan kondisi setelah operasi. Selain itu, pemulihan setelah operasi juga berguna untuk membantu memeprcepat penyembuhan luka sayatan selama proses operasi.

Dalam proses pemulihan luka bekas operasi, Anda perlu menggunakan obat luka operasi agar pengeringan luka bisa lebih cepat. Tapi, disamping itu, Anda juga perlu menghindari beberapa hal yang bisa menghambat proses penyembuhan luka. Apa sajakah hal tersebut? Inilah dia beberapa diantaranya

Kurang tidur

Pemulihan luka pasca operasi perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Tidak hanya melindungi luka agar tidak menjadi semakin parah, Anda juga perlu menjaga sistem metabolisme dalam tubuh agar proses pemulihan luka dari dalam bisa berjalan secara optimal. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan menjaga pola tidur sehari-hari.

Menjaga pola tidur merupakan hal yang penting untuk membantu proses pemulihan luka. Saat sistem metabolisme tubuh bekerja secara optimal, luka bisa lebih cepat mengering. Disisi lain, kurang tidur juga punya dampak yang buruk bagi tubuh kita terutama jika menjadi kebiasaan sehari-hari. Oleh karena itu, selalu perhatikan pola tidur Anda agar proses pemulihan luka bisa berjalan lebih optimal.

Naik tangga

Jika Anda tinggal di rumah yang lebih dari satu lantai, maka berhati-hatilah karena pasca operasi Anda tidak boleh naik turun tangga sembarangan. Ya, naik turun tangga belum dianjurkan bagi pasien pasca operasi karena bisa merusak luka pasca operasi yang dimilikinya. Terlebih bagi para ibu yang baru menjalani operasi Caesar, naik turun tangga merupakan hal yang tidak boleh dilakukan setidaknya sampai luka mengering.

Lantas mengapa naik turun tangga tidak dianjurkan untuk Anda yang baru menjalani operasi? Saat Anda naik dan turun tangga, tubuh Anda akan menopang seluruh bagian tubuh lebih berat dari biasa. Tidak hanya saat naik, saat turun tangga pun demikian. Hal ini bisa membebani luka yang Anda miliki setelah operasi hingga memperbesar potensi terjadinya kerobekan pada luka tersebut.

Demikian dua hal yang perlu dihindari jika ingin pemulihan luka pasca operasi berjalan optimal. Disamping itu, rutinlah membaca info kesehatan terkini yang bermanfaat agar tubuh tetap sehat. Artikel penyembuhan luka diabetes dari guesehat bisa menjadi salah satu info yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.