Home » Others » Perhatikan Hal Ini Saat Mencari Pengasuh Bayi

Perhatikan Hal Ini Saat Mencari Pengasuh Bayi

Perhatikan Hal Ini Saat Mencari Pengasuh Bayi

Kebutuhan finansial yang semakin meningkat membuat kedua orang tua terpaksa harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup si kecil. Tentu selama masa awal kelahiran, ada baiknya untuk mengambil cuti terlebih dahulu untuk merawat si kecil. Namun seiring bertambahnya usia, ibu bisa mulai mencari pengasuh bayi untuk merawat dan menemani si kecil selagi orang tua bekerja.

Tips Mencari Pengasuh Bayi

Terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam mencari pengasuh anak agar anak berada di tangan pengasuh yang tepat sehingga terjamin keamanannya.

  1. Hubungi pengasuh melalui telepon

Ibu dapat mencari pengasuh sebanyak-banyaknya dan hubungi satu-satu agar lebih menghemat waktu dan juga bisa mengeliminasi pengasuh yang sekiranya tidak cocok.

  1. Bertemu dengan pengasuh

Apabila ada yang dirasa cocok dan ingin meyakinkan diri, ajaklah pengasuh untuk bertemu di tempat yang tenang dan kondusif namun jangan langsung di rumah dengan alasan keamanan. Lakukan wawancara di tempat umum agar lebih aman dan jangan langsung bawa orang asing ke dalam rumah meskipun kemungkinan anda akan memilih pengasuh tersebut.

  1. Buat daftar pertanyaan

Sebelum bertemu, ada baiknya untuk membuat daftar pertanyaan yang akan ditanyakan selama wawancara. Pastikan untuk menanyakan hal-hal yang detail dan catat semua yang diinfokan oleh calon pengasuh. Dengan ini nantinya ibu bisa lebih mudah membandingkan dengan calon pengasuh lainnya.

  1. Minta referensi

Memang ada baiknya untuk meminta referensi dari keluarga dekat, saudara, hingga teman-teman saat mencari pengasuh bayi karena mungkin saja pernah menggunakan pengasuh bayi atau memiliki kenalan. Dengan ini maka akan lebih terpercaya dan juga memiliki kredibilitas yang baik.

  1. Diskusikan pekerjaan di luar mengasuh bayi

Coba diskusikan apakah pengasuh tidak keberatan jika melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, memasak, menyetrika, dan lainnya ketika si kecil sedang tidur. Diskusikan juga mengenai masalah pembayaran jika pekerjaan di luar mengasuh anak diberikan kepada pengasuh anak. Hal ini tentu berbedea dengan memiliki asisten rumah tangga dan pengasuh anak sendiri-sendiri di rumah. Pertimbangkan hal ini terlebih dahulu.

  1. Kelengkapan data pribadi

Sebagai orang asing yang nantinya akan mengasuh anak anda dan otomatis memiliki akses bebas keluar masuk rumah, orang tua tentu harus meminta kelengkapan data diri pengasuh sebagai penjagaan dan juga keamanan jika nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Pertimbangkan keuntungan untuk pengasuh

Tidak ada salahnya untuk memberikan beberapa keuntungan bagi pengasuh seperti waktu istirahat, boleh makan bersama di rumah, THR, kesempatan pulang ke rumah saat weekend atau hari libur, dan keuntungan lainnya. Ibu juga tidak harus menerapkan konsep majikan dan pengasuh sehingga bisa berbicara santai agar pengasuh nyaman dan merasa senang dalam merawat si kecil.

Setelah mencari pengasuh bayi, ibu bisa memberitahu pengasuh bayi untuk selalu memberikan susu tepat waktu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ibu bisa memberikan susu Bebelac atau Nutrilon Royal saat anak mulai tumbuh dewasa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Deskripsi : mencari pengasuh bayi haruslah teliti dan yang memang sudah berpengalaman agar bayi tetap sehat dan aman.