Home » Kesehatan » Ternyata Ini Penyebab Keguguran Pada Wanita

Ternyata Ini Penyebab Keguguran Pada Wanita

Ternyata Ini Penyebab Keguguran Pada WanitaKeguguran merupakan satu kondisi dimana proses kehamilan pada diri seorang wanita berhenti dengan sendirinya. Proses berhentinya masa kehamilan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik dari dalam diri wanita itu sendiri, ataupun dari janin yang dikandungnya. Peristiwa keguguran pada diri wanita yang sedang hamil, biasanya ditandai dengan keluarnya darah dari vagina, serta rasa nyeri yang sangat pada bagian perut wanita yang sedang mengandung. Pada umumnya peristiwa keguguran ini dapat terjadi pada usia kehamilan muda, dimana masa trimester pertama merupakan masa rentan terjadinya keguguran. Berikut ini penjabaran mengenai penyebab keguguran pada wanita yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk menjaga kesehatan kandungan.

Meskipun memiliki ciri utama keluarnya darah dari vagina, namun tahukah Anda bahwa tidak semua darah yang keluar dari vagina seorang wanita hamil merupakan peristiwa keguguran. Pada hari ke 6 hingga 12 masa setelah pembuahan, pada umumnya wanita hamil akan mengalami pendarahan implantasi. Pendarahan ini muncul dalam bentuk bercak darah merah kecoklatan dan merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita hamil. Pendarahan pada masa implantasi ini dapat terjadi karena proses menempelnya janin pada dinding rahim dan menyebabkan pengikisan pada dinding rahim tersebut.

Secara umum penyebab dari peristiwa keguguran memang lebih banyak disebabkan karena janin tidak dapat berkembang dengan baik dikarenakan adanya kelainan genetik ataupun permasalahan pada plasenta ibu. Penyebab lain yang mungkin saja dapat mengakibatkan keguguran pada diri seorang ibu hamil, antara lain adalah:

  • Ibu hamil mengalami penyakit kronis sebelumnya, seperti gagal ginjal ataupun diabetes.
  • Ibu hamil memiliki riwayat penyakit autoimun seperti sindrom antifosfolipid dan lupus.
  • Ibu hamil terkena penyakit yang dapat menginfeksi seperti rubella, toxoplasmosis, malaria, gonore, siphilis, dan HIV.
  • Kelainan yang terjadi pada rahim seorang wanita, seperti miom, serta kelemahan pada mulut rahim.
  • Adanya gangguan pada sistem hormon ibu yang sedang mengandung.
  • Pengaruh dari obat-obatan yang dikonsumsi oleh seorang ibu hamil seperti methotrexate, retinoid dan obat antiinflamasi.

Sejumlah penyebab dari keguguran diatas, akan lebih rentan dialami oleh seorang wanita, yang memang mengalami masa kehamilan dengan usia diatas 35 tahun. Pada usia inilah wanita mengalami banyak kelemahan terutama terkait dengan kehamilan yang mereka miliki, oleh karenanya pada usia ini sebaiknya seorang wanita yang hamil selalu rajin mengkonsultasikan kondisi diri mereka dan janin yang dikandungnya ke dokter kandungan, tidak melakukan aktivitas berat, memperbanyak waktu istirahat dan menjaga asupan gizi dalam tubuh.

Mengkonsultasikan dan memeriksakan diri ke dokter kandungan ketika terjadi hal yang memang tidak wajar pada proses kehamilan, merupakan cara paling tepat untuk diambil. Dengan cara inilah nantinya pemeriksaan secara lebih mendalam akan didapatkan oleh ibu dan janin yang dikandungnya. Dengan pemeriksaan inilah selain kesehatan ibu dan bayi dapat terkontrol, keguguran yang dapat terjadi pun dapat dicegah sejak dini. Istirahatkan badan secara total, untuk dapat mencegah terjadinya keguguran pada proses kehamilan yang sedang dijalani.

Apabila seorang wanita kerap kali mengalami keguguran pada masa kehamilannya, maka pemeriksaan secara lengkap haruslah dilakukan, agar nantinya penyebab keguguran dapat dideteksi dengan cepat dan pencegahan keguguran pun dapat dilakukan,. Jaga pola hidup dan konsumsi dalam tubuh selama masa kehamilan, agar janin dapat berkembang dengan baik dan kondisi kesehatan pun dapat terjaga hingga masa kelahiran dan menyusui.